Tuesday 14 July 2020

STKIP PARIS BARANTAI

STKIP PARIS BARANTAI

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Paris Barantai adalah perguruan tinggi swasta (PTS) yang beralamat di Jalan Veteran No.15-B Km.2 Komplek Perikanan, Dirgahayu, Pulau Laut Utara, Kab. Kotabaru, Kalimantan Selatan, 72113, Indonesia.

STKIP Paris Barantai didirikan pada Tanggal 20 Agustus 2009 sebagai salah satu perguruan tinggi dibawah naungan Yayasan Pembina dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (YPPSDM) Paris Barantai Kotabaru.

https://www.google.com/maps/place/Stkip+Paris+Barantai+Kotabaru


 MOTTO:
“Bersama Mencerdaskan Anak Bangsa”


LAMBANG STKIP PARIS BARANTAI

Gambar Logo STKIP PB Kotabaru
Arti Lambang
Lambang STKIP terdiri dari :
Lukisan = Gunung, Buku dan Gelombang Laut
Warna = Merah hati, hijau, kuning, putih, biru dan biru muda
Tulisan =  SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PARIS BARANTAI KOTABARU

Penjelasan
Gunung melambangkan kekokohan dan harapan yang besar dan tinggi, Buku melambangkan sumber ilmu pengetahuan dalam peningkatan SDM, gelombang laut melambangkan Kabupaten kotabaru yang terbagi menjadi 4 pulau / daratan, dikelilingi lautan dan terletak di antara selat Makassar dan Laut Jawa, sehingga laut menjadi penghubung dan pemersatu.

Warna
Merah melambangkan keberanian dalam menatap masa depan, 
Kuning melambangkan kebesaran dan kekukuhan,
Hijau melambangkan kemakmuran daerah dan penghuninya,
Biru melambangkan keteguhan dalam memandang cita-cta,
Biru muda melambangkan keteguhan dan kesucian dalam bertindak dan berfikir.

SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA STKIP PARIS BARANTAI

Kabupaten Kotabaru dengan wilayah yang luas dan geografis yang khas memiliki masalah dalam penempatan guru-guru SD yang bersedia ditempatkan untuk mengajar di wilayah kecamatan-kecamatan yang jauh dari ibukota Kabupaten. Pada awal terbentuknya Akademik Keguruan Paris Barantai (AKPB) Kabupaten dalam perjalannya selama ini telah mampu untuk tetap eksis dan mampu memberikan kontribusi membantu masalah kekurangan guru pada wilayah Kalimantan selatan dan Kalimantan timur, memperhatikan pemberlakuan UU No 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional, UU No 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen serta PP No 19 tahun 2005 tentang standar Nasional Pendidikan, dimana dipersyaratkan kualifikasi tenaga pengajar untuk semua tingkat satuan pendidikan minimal D IV dan S1, untuk itu mutlak dilakukan pengembangan kelembagaan dari Akademi Keguruan berubah bentuk menjadi sebuah Sekolah Tinggi dalam rangka mengakomodir pemenuhan kebutuhan tenaga pengajar.

Hak meningkatkan kualitas SDM merupakan Hak Asasi Manusia untuk itu, memperhatikan kondisi geografis di Kalimantan Selatan, dimana jarak antar satu kabupaten dengan kabupaten lainnya yang berjauhan, jarak antar ibukota kabupaten dengan kecamatan-kecamatannya yang jauh serta sulitnya transportasi baik karena faktor infrastruktur jalan maupun karena dipisahkan oleh laut dirasa perlu adanya Sekolah Tinggi yang dekat dengan masyarakat yang membutuhkan.

Mencermati masalah tersebut Yayasan Pembina dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (YPPSDM) Paris Barantai Kotabaru berdasarkan ; akte Notaris Nomor : 01 tanggal 03 bulan Agustus tahun 2009 SK. Mendiknas : 134/D/O/2009 tanggal 20 Agustus 2009 Dengan harapan nantinya lulusan dari STKIP Paris barantai Kotabaru dapat;
  • Menguasai dasar-dasar pengembngan ilmu pengetahuan sehingga mampu mengisi jabatan lowong pada badan/lembaga pendidikan dasar
  • Mampu menguasai konsepsi ilmu pendidikan yang optimal dan memiliki pengetahuan dibidang pengajaran dan praktik
  • Menjadi tenaga kependidikantingkat akademis untuk mengisi kebutuhan guru
  • Menyiapkan tenaga kependidikan yang handal dan menjadi warganegara yang produktif, adaptif, kreatif dan inovatif
  • Menjadi guru yang brdedikasi tinggi untuk mengajar di wilayah yang jauh dari ibukota kabupaten.

VISI & MISI STKIP PARIS BARANTAI

Visi
Visi STKIP Paris Barantai adalah menjadi salah satu Sekolah Tinggi yang unggul secara Nasional dalam menghasilkan tenaga pendidik yang berkarakter dan kompeten tahun 2020.

Misi
Misi STKIP Paris Barantai yaitu Menyelenggarakan penataan organisasi dan penguatan kelembagaan di lingkungan STKIP Paris Barantai menuju efektivitas dan efisiensi; Meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam manajemen pengelolaan berdasarkan prinsip tata kelola institusi yang baik; Menyelenggarakan pendidikan yang mencerminkan nilai-nilai dasar institusi untuk menghasilkan tenaga pendidik sesuai dengan kebutuhan dunia pendidikan; Meyelenggarakan dan memantapkan kerjasama bidang akademik dan non akademik dengan pihak lain guna peningkatan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi; Mewujudkan pemberdayaan sivitas akademika STKIP Paris Barantai dalam mendesain seluruh program pengembangan Institusi dalam rangka menjamin terwujudnya atmosfir akademik yang kondusif.

JENIS PENDIDIKAN

Program Sarjana (S-1). Mahasiswa yang berhasil menyelesaikan program ini diberi gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

PROGRAM STUDI

Terdapat Tiga Program Studi di STKIP Paris Barantai, Yaitu:
  1. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  2. Program Studi Pendidikan Matematika
  3. Program Studi Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi

Adapun Program Studi yang ada di lingkungan STKIP Paris Barantai seperti program studi pendidikan bahasa dan sastra indonesia, program studi pendidikan matematika, dan program studi pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi, selalu mengacu pada visi, misi, tujuan, dan sasaran STKIP Paris Barantai. Visi Program Studi di lingkungan STKIP Paris Barantai tersebut kemudian dijabarkan menjadi beberapa misi yang dijalankan dan sasaran yang ingin dicapai serta strategi yang telah dan akan terus dilakukan. Program Studi menjabarkannnya ke dalam beberapa misi untuk mencapai tujuan dan harapan tersebut. Kemudian misi dianalisis dan dijabarkan ke dalam beberapa tujuan dan sasaran yang akan dicapai untuk mewujudkan pencapaian visi, pelaksanaan misi, dan pencapaian tujuan serta sasaran Program Studi.

Lembaga sertifikasi akreditasi BAN PT telah menerbitkan Sertifikat akreditasi Tingkat Nasional Tahun 2017 dengan masa berlaku Lima Tahun. Tiga Prodi yang telah terakreditasi tingkat Nasional yaitu Prodi Pendidikan Matematika (PM) kualifikasi Baik (C) dengan nomor BAN-PT 0814/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2017, Prodi pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Kualifikasi Sangat Baik (B) dengan nomor BAN-PT 1160/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2017, dan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi kualifikasi sangat baik (B) dengan nomor BAN-PT 0766/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2017 yang di naungi oleh STKIP Paris Barantai.

STRUKTUR ORGANISASI STKIP PARIS BARANTAI




SARANA DAN PRASARANA

Kelayakan sarana dan prasarana STKIP Paris Barantai terlihat dari ketersediaan, kemutakhiran, kesiapakaian mencakup: fasilitas dan peralatan untuk Proses Belajar Mengajar (PBM), Penelitian, dan PkM. Mengacu kepada SN DIKTI Pasal 32. PT harus menyediakan sarana untuk yang berkebutuhan khusus. Untuk sarana seperti alat pendidikan dan sarana lainnya dirasakan sudah baik untuk pelaksanaan program Tri Dharma Perguruan Tinggi, pemenuhan ketersediaan alat pendidikan juga sangat didukung oleh Yayasan, sehingga tidak ditemui kendala yang berarti. Seperti semua ruang kelas yang digunakan bersama sudah menggunakan AC dan LCD Projektor serta Audio untuk pembelajaran, ruang kerja Program Studi sekaligus ruang kerja Dosen juga sudah masing-masing Prodi sehingga memudahkan dan memberikan ruang yang nyaman buat Dosen dalam melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan Tri Dharma.

Sarana yang dikembangkan pada unit yang masing-masing mempunyai beberapa alat utama yang potensial untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran, penelitian dan layanan jasa. Sarana dan prasarana internet sudah dipasang diseluruh areal lahan kampus sehingga semua unit sudah dapat mengakses internet. Database alat (barang inventaris) disusun untuk memudahkan dalam pengelolaan alat sekaligus pengadaannya.

Pengembangan pendidikan sudah dimanfaatkan untuk praktikum maupun pelayanan jasa, dan jumlah buku yang tersedia di perpustakaan terus ditingkatkan terutama untuk jurnal nasional maupun internasional yang memiliki indeks sitasi dan impact factor yang tinggi. Penyesuaian sarana pembelajaran yang up to date dan sesuai dengan perkembangan jaman sehingga lebih mempermudah dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan Tri Dharma dan proses pembelajaran. 

Website STKIP Paris Barantai :
Website institusi Situs resmi STKIP Paris Barantai adalah www.stkip-ktb.ac.id.


Sedangkan situs resmi untuk program studi:


References
  1. TIM PENYUSUN LED STKIP Paris Barantai. 2020. AKREDITASI PERGURUAN TINGGI, LAPORAN EVALUASI DIRI. Kotabaru: STKIP PARIS BARANTAI
  2.  https://www.google.com/maps/place/Stkip+Paris+Barantai+Kotabaru/@-3.2457181,116.2196221,17z/data=!4m5!3m4!1s0x0:0xf61028afabd9c265!8m2!3d-3.2439778!4d116.2183464 http://www.stkip-ktb.ac.id/
  3.  http://www.stkip-ktb.ac.id/halaman/detail/profil-stkip
  4.  https://www.banpt.or.id/direktori/institusi/pencarian_institusi.php

No comments:

Post a Comment

ARCHERY

  ARCHERY ARCHERY ACCORDING TO EXPERTS Archery is a static sport with a stable sequence of movements throughout the shot [1].  The sport of ...

OnClickAntiAd-Block