Thursday 21 November 2019

TEQBALL INDONESIA

Halo apa kabar semua ? Saya harap teman-teman selalu sehat dan tetap bugar. Postingan kali ini akan membahas tentang Olahraga yang baru dan menarik, namanya TEQBALL. Olahraga TEQBALL digadang-gadang sebagai olahraga kaum millenial.. Waahh kedengarannya sangat seru ya teman-teman. Klo begitu langsung aja nih, berikut beberapa artikel yang saya rangkum mengenai TEQBALL. Selamat membaca gaess….




Foto 1. Saya Berama Tim Jakarta Teqball Club (JTC) di SMK 50 Jakarta, Thn 2021

Link Launching TEQBALL INDONESIA: https://youtu.be/C5_3DNg8f2M
Link Instagram Gue: https://www.instagram.com/p/B9dT2B4A9Vh/?igshid=u50f1hs873zt

Gambar 1. Teqball Double
(https://teqball.com/en/teqball/news/1st-anniversary-fiteq)

A. Apa itu Teqball ?
  1. Teqball is a new sport equipment and a new sport based on football (Teqball adalah peralatan olahraga baru dan olahraga baru berbasis sepakbola). (https://teqball.com/en)
  2. Teqball is a sport played between two players as a singles game or between three or four players as a doubles game, which resembles table tennis. It is played on a curved table and with a ball similar to a football, hit by any part of the body except the hands (Teqball adalah olahraga yang dimainkan antara dua pemain sebagai permainan tunggal atau antara tiga atau empat pemain sebagai permainan ganda, yang menyerupai tenis meja. Teqball dimainkan di atas meja melengkung dan dengan bola yang mirip dengan sepak bola, dipukul oleh bagian tubuh mana pun kecuali tangan ). (https://en.wikipedia.org/wiki/Teqball)
  3. … teqball can be played by 2 players (singles game), by 3 players (Canadian doubles), by 4 players (doubles game) or even by several more players similar to the ‘Round-the-tables’ game in Ping Pong (… teqball dapat dimainkan oleh 2 pemain (permainan tunggal), oleh 3 pemain (ganda Kanada), oleh 4 pemain (permainan ganda) atau bahkan oleh beberapa pemain lain yang mirip dengan permainan ‘Round-the-tables’ di Ping Pong). (https://teqball.com/en/functions/teqball)
  4. … teqball sendiri merupakan gabungan antara dua jenis olahraga yang sudah ada sebelumnya yakni tenis meja dan sepakbola. (https://www.indosport.com/multi-event/20151111/kenal-lebih-dekat-teqball-aliran-baru-sepakbola)
  5. … teqball tengah menjadi permainan baru yang mulai digemari. Mirip tenis meja, permainan ini lebih ke pertunjukan kemampuan olah bola dan konsentrasi dan akurasi. Bedanya jika di tenis meja atau ping pong meja bermainnya mendatar, teqball menggunakan meja melengkung. Jika di tenis meja memakai bat dan bola khusus, di teqball mesti menggunakan kaki dan kepala. Ukuran bolanya juga seperti bola sepak. (https://www.tribunnews.com/sport/2019/11/02/hellen-sarita-de-lima-ajak-kaum-milenial-tekuni-olahraga-teqball?page=2)
  6. … the sport is played on a curved ping-pong like table requiring football skills (… olahraga ini dimainkan di atas meja seperti ping-pong yang membutuhkan keterampilan sepak bola (https://www.rapidtvnews.com/2019061856403/eurosport-takes-teqball-to-the-world.html#axzz65k6mHEH3)
Jadi, dapat saya simpulkan bahwa : Teqball adalah olahraga campuran sepak bola, tenis meja dan sepak takraw yang menggunakan meja melengkung dan dimainkan dengan bagian tubuh manapun kecuali tangan serta dilarang menyentuh bola dengan bagian tubuh yang sama dua kali berturut-turut.


Gambar 2. Teqball Single
(https://i.ytimg.com/vi/dLi42TcsrdY/maxresdefault.jpg)


Foto 2. Jakarta Teqball Club (JTC) 2021

B. Sejarah dan Perkembangan Teqball (Internasional & Nasional)

Teqball was invented in 2014 in Hungary by two football enthusiasts, Gábor Borsányi, a former professional player and Viktor Huszár, a computer scientist (Teqball diciptakan pada tahun 2014 di Hunggaria oleh dua penggemar sepak bola, Gábor Borsányi, mantan pemain profesional dan Viktor Huszár, seorang ilmuwan computer).
Permainan teqball sebagai cabang olahraga baru dari Hongaria.

Pendiri dan penggagas utama Teqball adalah; Gábor Borsányi, Gyuri Gattyán dan Viktor Huszár. (https://teqball.com/en/teqball/about)  
  1. Gábor Borsányi : Pendiri dan penemu teqball, Dia adalah mantan pemain sepak bola profesional, yang pensiun pada usia muda. Olahraga selalu menjadi kegemarannya dan ia datang dengan ide teqball, bentuk sepakbola paling bersih.
  2. Gyuri Gattyán : Gyuri adalah pengusaha internasional, yang bertanggung jawab atas strategi bisnis teq. Dia mengakui olahraga baru dapat memberikan nilai baru kepada dunia.
  3. Viktor Huszár : Viktor adalah pikiran ilmiah dalam tim teq. Dia adalah ilmuwan komputer pencinta sepakbola, yang menempatkan sumber daya teknik di belakang proyek teqball & teqbox. Dia adalah presiden klub sepak bola universitas teknologi & ekonomi budapest. 
Federasi tingkat internasional Teqball adalah Fédération Internationale de Teqball ( FITEQ ). Piala Dunia Teqball adalah kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh FITEQ. Piala Dunia menyelenggarakan kompetisi Tunggal dan Ganda dengan pria dan wanita berpartisipasi bersama.

Gambar 3. Logo FITEQ
(https://www.linkedin.com/company/fiteq-f%C3%A9d%C3%A9ration-internationale-de-teqball)

Piala Dunia Teqball pertama diadakan di Budapest, Hongaria pada tahun 2017 dengan lebih dari 20 negara yang berpartisipasi. Versi 2018 dari acara ini diadakan pada 12 - 13 Oktober di Reims, Prancis dengan total 90 pemain yang berpartisipasi. Teqball dimasukkan dalam Pertandingan Pantai Afrika pertama di Sal, Cape Verde, pada 14 - 23 Juli 2019. Kamerun memenangkan gelar dengan mengalahkan Nigeria di final. 

Teqball, salah satu olahraga yang paling cepat berkembang di dunia, telah memberikan dorongan pertumbuhannya dengan penandatanganan kemitraan media internasional antara badan pengelola FITEQ (Fédération Internationale de Teqball) dan Eurosport.

Teqball saat ini sangat populer di masyarakat Eropa, utamanya disejumlah negara seperti Jerman, Inggris dan Belanda. ..... "Saat ini, kami sudah punya federasi teqball di 40 negara di dunia. Kami berharap punya perwakilan di 20 negara lainnya sebagaimana tren perkembangan cabang olahraga ini sejak 2014," kata Wakil Presiden Federasi Teqball Internasional Viktor Huszar kepada Antara di Jakarta, Minggu.  

Selain itu pada Juli 2015 lalu, sejumlah eks bintang Real Madrid pamer kebolehan di olahraga Teqball salah satunya ialah mantan bek Real Madrid, Ivan Campo. Ujvari Izabella merupakan salah satu atlet Teqball yang cukup terkenal saat ini. Perempuan kelahiran Budapest, Hungaria, 20 tahun silam ini sebelumnya ialah pesepakbola wanita yang sempat membela sejumlah klub di Hungaria, salah satunya, MTK Hungaria FC pada 2014 lalu. Selain geluti Teqball, Izabella juga salah satu freestyle sepakbola. (https://www.indosport.com/multi-event/20151111/kenal-lebih-dekat-teqball-aliran-baru-sepakbola/ujvari-izabella)

Teqball Masuk Ke Indonesia
"Semua ini berawal ketika FITEQ mempromosikan Teqball di Indonesia saat menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Kemudian FITEQ memberikan mandat kepada pak Erick Thohir selaku Ketua Penyelenggaraan Asian Games (INASGOC) untuk mendirikan organisasinya. Keinginan itu sudah kita wujudkan dengan mendirikan Pengurus Pusat Indonesia Teqbal (PP InaTeq)," kata Ketua Umum PP InaTec, Hellen Sarita de. (https://www.tribunnews.com/sport/2019/11/02/hellen-sarita-de-lima-ajak-kaum-milenial-tekuni-olahraga-teqball)

Kata Wakil Presiden Federasi Teqball Internasional Viktor Huszar saat berada di Jakarta. Permainan teqball sebagai cabang olahraga baru dari Hongaria ingin menjangkau negara-negara Asia selama penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia pada 18 Agustus - 2 September. Meskipun baru mengenalkan diri dalam Asian Games ke-18, Viktor mengklaim permainan teqball akan menjadi cabang olahraga pertunjukkan resmi dalam Asian Beach Games 2020 dan Asian Games Hangzhou 2022. Meja teqball yang dibawa Federasi Internasional Teqball, menurut Viktor, akan diberikan kepada Komite Olimpiade Indonesia (KOI) untuk dipamerkan di Rumah Indonesia di kawasan Kuningan, Jakarta. (https://asiangames.antaranews.com/berita/739092/permainan-teqball-ingin-jangkau-asia-lewat-indonesia)


Foto 3 . Saya bermain Teqball pada acara lunching Teqball di Gate 6 GBK, Jakarta, Thn 2019.

arham syahban

Foto 4. Latihan Teqball di SMPN 111 Jakarta Barat, Thn 2021

Kegiatan awal pendirian PP InaTeq ditandai dengan Kursus Referee yang diikuti 20 peserta terdiri dari pelajar berusia di bawah 16 tahun dan beberapa pengurus PP InaTeq. Kegiatan yang berlangsung dari 1-3 November 2019 itu ,menampilkan tiga instruktur dari FITEQ yakni Augusztin, Norbert Foris, Renata Vasas dan Lea menyajikan masalah peraturan pertandingan dan permainan olahraga teqball. (https://sport.tempo.co/read/1267886/teqball-olahraga-generasi-milenial-yang-mulai-berkembang/full&view=ok)

Klik link dibawah ini, Kegiatan Pelatihan Wasit Teqball di SMP Negeri 111 Jakarta :
https://www.instagram.com/p/B4WmhhaHGQS/?utm_source=ig_web_copy_link


C. Alat Perlengkapan dan Aturan bermain Teqball

1. Alat Perlengkapan Teqball
  • Meja Teqball. Meja Teqbal atau Teqball ONE adalah peralatan olahraga revolusioner yang membutuhkan lebih dari dua tahun pengujian dan penelitian untuk akhirnya mengembangkan bentuk akhir yang inovatif dan canggih (bentuk meja melengkung). Jaringnya solid dan dengan demikian bola memantul kembali darinya, jadi dengan cara ini konsep permainan tanpa gangguan bukan lagi mimpi. Struktur tabel Teqball ONE, selaras dengan aturan. Berat meja teqball tentu lebih berat dibanding meja tenis meja karena harus menahan bola yang 250 kali lebih berat dibanding bola ping-pong. Meja teqball juga tahan terhadap suhu luar ruangan mulai -40 derajat celcius hingga 65 derajat celcius.
  • Bola Teqball. Teqball bisa dimainkan dengan bola sepak yang digunakan dalam sepakbola; Namun, ukuran bola resmi dan direkomendasikan yaitu bola sepak ukuran nomor 5 (lima).
Gambar 5. Perlengkapan Teqball
(https://scorum.com/en-us/football/@stimp1024/anyone-for-teqball)

2. Aturan Bermain Teqball

Menariknya di Teqball tidak aturan ketat yang membatasi permainan, tiap permainan yang dilakukan si pemain dibebaskan untuk mengembangkan alternatif di aturan Teqball.

Tetapi aturan resmi dari olahraga ini sangat sederhana:
  • Pertandingan Teqball terdiri dari tiga set terbaik.
  • Setiap set dimainkan hingga pemain / tim mencapai 20 poin.
  • Setiap pemain / tim memiliki dua upaya /kesempatan untuk menyelesaikan servis yang sukses.
  • Para pemain / tim mengubah servis setelah masing-masing empat poin.
  • Dilarang menyentuh bola dengan bagian tubuh yang sama dua kali berturut-turut.
  • Setiap pemain / tim diperbolehkan mengembalikan bola dengan maksimal 3 sentuhan oleh bagian tubuh mana pun, kecuali untuk tangan dan lengan.
  • Dalam ganda, tim memiliki maksimal 3 sentuhan, namun, rekan tim harus mengoper bola setidaknya satu kali untuk satu sama lain.
  • Saat bermain, baik meja maupun lawan tidak bisa disentuh.
  • Dalam hal bola tepi, reli harus diulang.
Aturan-aturan ini membuat olahraga ini sangat spektakuler dan cocok untuk tim sepak bola profesional bahkan untuk tujuan pelatihan. Teqball dapat dimainkan oleh 2 pemain (permainan tunggal), oleh 3 pemain (ganda Kanada), oleh 4 pemain (permainan ganda) atau bahkan oleh beberapa pemain lain. 

Demikianlah yang dapat saya rangkum mengenai olahraga Teqball, semoga olahraga ini dapat menjadi olahraga yang sangat popular dan menjadi olahraga prestasi khususnya di Negara Indonesia. Semoga postingan kali ini bermanfaat bagi para pembaca dan Salam Olahraga!!! 

Foto 2. Kantor Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Jakarta.
Referensi:
  • https://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=https://teqball.com/en&prev=search (di akses tanggal 19 Nopember 2019)
  • https://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=https://teqball.com/en/functions/teqball&prev=search (di akses tanggal 19 Nopember 2019)
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Teqball (di akses tanggal 20 Nopember 2019)
  • https://sport.tempo.co/read/1267886/teqball-olahraga-generasi-milenial-yang-mulai-berkembang (di akses tanggal 20 Nopember 2019)
  • https://asiangames.antaranews.com/berita/739092/permainan-teqball-ingin-jangkau-asia-lewat-indonesia (di akses tanggal 19 Nopember 2019)
  • https://www.facebook.com/teqball/
  • https://www.tribunnews.com/sport/2019/11/02/hellen-sarita-de-lima-ajak-kaum-milenial-tekuni-olahraga-teqball (di akses tanggal 19 Nopember 2019)
  • https://www.indosport.com/multisport/20151111/kenal-lebih-dekat-teqball-aliran-baru-sepakbola/cara-bermain-teqball (di akses tanggal 19 Nopember 2019)
  • https://www.linkedin.com/company/fiteq-f%C3%A9d%C3%A9ration-internationale-de-teqball (di akses tanggal 20 Nopember 2019)
  • https://www.rapidtvnews.com/2019061856403/eurosport-takes-teqball-to-the-world.html#axzz65k6mHEH3 (di akses tanggal 19 Nopember 2019)
TEQBALL INDONESIA
#teqball #teqballindonesia #sejarahteqball #sejarahteqballindonesia

No comments:

Post a Comment

ARCHERY

  ARCHERY ARCHERY ACCORDING TO EXPERTS Archery is a static sport with a stable sequence of movements throughout the shot [1].  The sport of ...

OnClickAntiAd-Block